Batu yang Menggelinding Secara Misterius di Planet Mars


Sebuah jalur yang menyerupai garis putus-putus dari kiri atas ke kanan tengah gambar ini adalah jejak yang dibuat oleh batu lonjong besar yang berbentuk tidak teratur saat menggelinding menuruni lereng di Mars sebelum akhirnya berhenti di ujungnya. Gambar diatas diambil oleh kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) yang berada pada pesawat luar angkasa NASA, Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), tanggal 3 Juli 2014.

Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, batu besar ini menuruni lereng hingga sejauh sepertiga mil atau sekitar 500 meter. Jejaknya memiliki pola berulang yang aneh, menunjukkan batu tidak bisa menggelinding langsung karena bentuknya.
Dihitung dari panjang bayangan batu dan sudut datangnya sinar matahari selama paparan ini, ketinggian batu tersebut sekitar 6 meter, sedangkan lebarnya sekitar 3,5 meter, sehingga memang memiliki bentuk yang tidak teratur. Batu tersebut berhenti menggelinding dengan sumbu panjangnya menunjuk ke atas.
NASA belum mengetahui apa yang membuat atau memicu batu besar tersebut bergulir pada awalnya, namun spekulasi terbaru menunjukkan bahwa mungkin bergulirnya batu tersebut dipicu oleh meteor yang menghantam area tersebut dan menciptakan salah satu kawah yang terbesar pada gambar diatas.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info
Subscribe me on RSS