PAPER KEWIRAUSAHAAN TOKOH WIRAUSAHA SUKSES DI INDONESIAFAKULTAS KEHUTANAN USU 2018

PAPER KEWIRAUSAHAAN
“TOKOH WIRAUSAHA SUKSES DI INDONESIA”
DOSEN : Dr Agus Purwoko, S.hut,  M.Si












Disusun oleh : M. ANDHIKA RAMADHAN (171201060)
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
FAKULTAS KEHUTANAN
TAHUN 2018




DAFTAR ISI
                                                                                                           
KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1  PENDAHULUAN
             
Latar Belakang
              Rumusan masalah
              Tujuan

BAB 2 ISI
             Sejarah singkat
             Perjalanan usaha dan omset perusahaan
             Tips sukses tokoh

BAB 3 PENUTUP
            
Kesimpulan
            
Saran
             Alamat blog tugas kewirausahan




























KATA PENGANTAR

            Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Dengan mengucapkan puji syukur kami hanturkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yang telah memberikan kita taufiq dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan paper ini dengan judul “tokoh wirausaha sukses di indonesia” dengan baik.
Adapun tujuan dan maksud kami membuat paper ini adalah sebagai salahsatu pemenuhan tugas kewirausahaan. Sekaligus pula kami sampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Dr Agus Purwoko S.Hut, M.Si sebagai dosen pembimbing pada pembuatan paper ini.
penyusun menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada makalah ini. Dengan demikian, kami mengharapkan kritik dan saran bagi penyusun untuk di jadikan sebagai bahan evaluasi demi meningkatkan kinerja penyusun untuk selanjutnya.



















Medan, 03 Juli 2018


          Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
            Wirausaha merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan cara memproduksi, menjual atau menyewakan suatu produkk barang atau jasa. Wirausaha merupakan suatu proses untuk mengembangkan, membawa dan mengidentifikasi suatu visi dalam kehidupan. Visi disini dimaksudkan suatu cara agar lebih baik dalam melakukan atau memulai sesuatu.Lebih mudahnya Wirausaha adalah seseorang yang melakukan suatu usaha untuk mendapatkan keuntungan dimana dalam prosesnya bisa menciptakan sesuatu yang kreatif inovatif dan memiliki manfaat lebih. Wirausahawan atau seorang wirausaha juga harus memiliki karakter yang unik dan melekat pada dirinya seperti kepercayaan diri. Sehingga dapat membuat seseorang memiliki ambisi lebih untuk mencoba sesuatu yang sebelumnya belum pernah di coba.Seorang yang ingin dikatakan sebagai wirausahawan pastinya memiliki ciri cirinya nah dibawah ini beberapa ciri ciri wirausahawan:
·         Kreatifitas Dan Memiliki Keberanian
·         Semangat Dan Memiliki Kemauan
·         Analisis Yang Tepat
·         Berani Ambil Risiko
·         Memiliki Jiwa Kepemimpinan
·         Pemikiran Kedepan

B. Rumusan Masalah

1. Apa prestasi/ keberhasilan yang di raih dalam berwirausaha ?
2. Apa Kiat-kiat suksesnya dalam wirausaha ?
3. Apa tantangan yang dialami dalam berwirausaha dan Bagaimana upaya  
    mengatasinya ?

C.  Tujuan

 1. Sebagai contoh yang bisa ditiru apabila ingin menjalankan suatu usaha.
 2. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.




BAB II
ISI


A.SEJARAH SINGKAT

Sandiaga Uno Tokoh satu ini dikenal sebagai salah satu sosok pengusaha Indonesia yang sangat sukses, ia kerap menjadi pembicara utama di berbagai seminar-seminar kewirausahaan atau enterpreneurship. Kini Sandiaga Uno terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Anies Baswedan sebagai gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Dia merupakan anak dari Razif Halik Uno dan Mein R. Uno. Ayahnya berasal dari Gorontalo. Hal ini bisa dilihat dari nama belakang Sandiaga yang bermarga Uno. Sandiaga Uno Saat ini, Total kekayaan Sandiaga Uno diperkirakan sebesar $795 juta dan termasuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Ayah Sandiaga pada awalnya bekerja sebagai karyawan di perusahaan Caltex di Riau, setelah tidak bekerja lagi, Ayah Sandiaga kemudian memboyong keluarganya ke Jakarta pada tahun 1970an. Sandiaga memulai pendidikannya di SD PKSD, SMP N Jakarta kemudian pindah ke SMA Katolik.

Sandiaga Uno merupakan sosok yang cerdas, hal ini terbukti ketika ia kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika, ia berhasil lulus dengan predikat Summa Cum Laude. Selepas lulus dari Wichita State University, ia kemudian bekerja di Bank Summa milik William Soeryadjaya.Karena kinerjanya yang cukup bagus di perusahaan, setahun kemudian ia menerima beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat. Ia menamatkan kuliahnya dengan meraih IPK sempurna 4.00 yang merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

Kemudian pada tahun 1993, ia bekerja di Singapura dan memilih bergabung dengan perusahaan Investasi bernama Seapower Asia Investment Limited sebagai manager Investasi. Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1995, ia kemudian pindah ke Kanada dan bekerja di perusahaan bernama NTI Resources Ltd dengan posisi sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd.Gajinya ketika itu sebesar 8.000 Dollar perbulan. Namun seperti kata pepatah “Roda Kehidupan selalu berputar”. Badai krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997, mengakibatkan perusahaannya juga terkena imbasnya. Perusahaannya kemudian bangkrut dan mulai melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) termasuk pada dirinya.







B.PERJALANAN USAHA DAN OMSET PERUSAHAAN

Sandiaga Uno kembali ke Indonesia dan memulai usaha baru. Meskipun statusnya ketika itu sebagai pengangguran. Langkah pertama yang dilakukannya ketkika di Indonesia adalah mencari pekerjaan baru tetapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan, lamaran pekerjaanya bahkan di tolak oleh 25 perusahaan. Pengalaman memang mengajarkan segalanya. Hal inilah yang kemudian menjadi titik balik dari seorang Sandiaga Uno, ia kemudian merubah mindsetnya dari karyawan menjadi seorang pengusaha.

Pengalaman yang diterimanya kemudian ia coba pergunakan dengan mencoba membuat perusahaan bernama PT Recapital Advisors pada tahun 1997 yang bergerak di bidang jasa konsultan keuangan. Perusahaan tersebut ia dirikan bersama dengan teman SMA nya yang bernama Rosan Perkasa Roeslani.

Namun tidak semuanya yang diharapkan selalu berjalan mulus, banyak calon klien memandang sebelah mata kemampuan dari Sandiaga Uno. Hingga akhirnya 6 bulan kemudian setelah perusahaan tersebut didirikan ada perusahaan yang akhirnya menggunakan jasanya.

Setahun kemudian tepatnya pada tahun 1998, ia bersama Edwin Soeryadjaya kemudian mendirikan perusahaan Investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya, berbekal jaringan (network) yang baik dengan perusahaan ataupun lembaga-lembaga keuangan yang ada didalam negeri maupun luar negeri, perusahaan yang didirikan oleh Sandiaga Uno kemudian akhirnya sukses. Perusahaan investasinya bergerak di bidang telekomunikasi, pertambangan dan produk kehutanan.Sistem perusahaannya ialah mengumpulkan modal dari beberapa investor kemudian mengakuisisi perusahaan yang memiliki masalah keuangan kemudian memperbaiki kinerja perusahaan tersebut, setelah kinerja perusahaan tersebut sudah terlihat cukup baik, kemudian perusahaan tersebut dijual kembali tentu dengan harga yang lebih tinggi. Salah satu perusahaan yang pernah ia akuisisi adalah Bank BTPN.

Majalah Forbes memasukkkan namanya kedalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar US$ 400 juta dan berada diperingkat 29 tahun 2013.

Perusahaan investasinya yaitu Saratoga Capital dikenal sebagai firma investasi terbesar di Indonesia yang memiliki karyawan sebesar 20 ribu orang. Namun pada tanggal 10 Juni 2015, ia resmi mengudurkan diri sebagai Direktur Utama di PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, posisinya digantikan oleh Michael Soeryadjaya yang merupakan cucu dari William Soeryadjaya, Pendiri PT Astra International.

Saat ini, Sandiaga Uno menjabat sebagai Komite Ekonomi Nasional dan bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. Ia juga aktif sebagai pembicara utama di berbagai seminar kewirausahaan, menurutnya keberanian serta optimisme adalah kunci pembuka jalan untuk meraih kesuksesan masa depan.Selain itu menurutnya jejaring relasi menyumbang 30 persen kesuksesan selebihnya berasal dari kerja keras dan juga menjadi kepercayaan. Diketahui total kekayaan Sandiaga Uno sekitar 3,8 Triliun rupiah berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) pada september 2016.


C.TIPS SUKSES TOKOH

Kerja keras dan gigih

Dalam prinsip hidupnya, Sandi selalu menerapkan sikap kerja keras pantang menyerah dan gigih. Hal ini dibuktikan dengan, meskipun berkali-kali gagal serta jatuh bangun dalam meniti karir namun Sandi Uno tetap bangkit kembali dan menjadi pribadi yang lebih baik dengan kegigihannya berjuang. Mulai dari bekerja di perusahaan multinasional kemudian diberhentikan, memperoleh pekerjaan kembali, mendapatkan kesempatan studi lanjut, memperoleh pekerjaan lagi hingga akhirnya diberhentikan lagi, lalu menjadi pengangguran. Semua masa sulit itu akhirnya berhasil dilaluinya karena semangat juang yang dimilikinya begitu tinggi, hingga akhirnya membawa Sandi Uno pada puncak kesuksesa seperti sekarang ini.

Optimis

Prinsip yang selalu diterapkan Sandi ialah optimis. Baginya, meskipun hal yang tidak mungkin sekalipun pasti akan menjadi mungkin. Hal ini dibuktikan dengan saat adanya krisis ekonomi melanda Indonesia, Sandi Uno tetap optimis melenggang menjalankan bisnisnya. Ia bahkan menerapkan rencana strategis brilian yang akhirnya mengarah kepada kemajuan usahanya. Upaya yang dilakukannya saat itu mungkin terlihat mustahil karena berjuang dan berjaya dalam krisis moneter merupakan hal yang sulit. Namun, Sandi Uno membuktikannya dan menjadikan perusahaannya berkembang pesat sejak saat itu.

Target jangka panjang

Pengusaha, pebisnis, haruslah memiliki rencana jangka panjang, begitulah pedoman yang dimiliki Sandi Uno. Dalam menjalankan bisnisnya, pola pikir yang diterapkan ialah dampaknya untuk esok hari, efeknya untuk esok hari. Hal ini dibuktikan dengan sebelum sektor pertambangan batu bara naik daun seperti sekarang ini, Sandi Uno telah memiliki aset di sektor tersebut satu dekade yang lalu. Begitu pula dengan rencana pengembangan usahanya di bidang ‘consumer goods’ yang menurut prediksi bisnisnya akan berkembang pesat pada tahun-tahun mendatang.

Jalin Relasi

Menjalin relasi merupakan salah satu upaya yang selalu ditanamkan kuat dalam prinsip hidup Sandi Uno. Bahkan, ketika ia memulai kembali usahanya, ia bermitra dengan rekan-rekan yang memiliki hubungan baik dengannya. Saat sedang mengembangkan strategi bisnisnya, metode yang digunakan Sandi Uno pun dalam bentuk negosiasi dengan pihak-pihak investor asing. Hal inilah yang menjadikan Sandi Uno memiliki banyak mitra dan relasi yang membuatnya dipercayai dalam berbagai hal termasuk organisasi. Hal ini misalnya dengan terpilihnya Sandi Uno sebagai Ketua HIPMI, Ketua Komite Tetap KADIN, dan organisasi-organisasi lainnya.





Berwirausaha = Berbagi

Menjadi pengusaha bagi Sandi Uno tidak boleh melepaskan kewajibannya terhadap sesama manusia lainnya. Baginya, wirausaha bukanlah kerja sendiri melainkan kerja bermitra yang berarti memberikan kesempatan bagi lainnya untuk mendapatkan kesempatan yang sama. Sandi Uno merupakan salah satu pebisnis muda Indonesia yang memiliki jiwa kedermawanan tinggi. Baginya, seorang pebisnis memiliki pintu yang lebih lebar serta kesempatan yang lebih luas untuk berbagi dengan lainnya. Berbagi ini bisa diaplikasikan dalam berbagai hal. Hal ini dikarenakan berbagai merupakan salah satu bentuk dari perwujudan syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Berbagi dalam konteks apapun dan dengan cara apapun bukan merupakan masalaha asalkan dilandasi oleh hati yang tulus ikhlas untuk memberi.





















BAB 3
  PENUTUP

A.KESIMPULAN
            Jadi sandiaga unio memulai usaha di indonesia pada tahun 1997 perusahaannya bernama PT Recapital Advisors bergerak di bidang jasa konsultan keuangan perusahaan ini didirikan bersama temannya Rosan Perkasa Roeslani.Pada tahun 1998 ia bersama Edwin Soeryadjaya mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya.
            Pada tahun 2013 majalah forbes memasukkan namanya kedalam 40 orang terkaya di indonesia di peringkat ke 29 dengan total kekayaan US$ 400 juta.
            Tips sukses dari sandiaga uno adalah : kerja keras,optimis,target jangka panjang,jalin relasi, dan jangan lupa berbagi ke sesama.
B.SARAN
Untuk penyempurnaan pembuatan makalah kedepannya, saya mengharapkan adanya saran dari semua pihak baik dosen maupun seluruh mahasiswa yang membaca makalah kewirausahaan ini terhadap kekurangan yang terdapat pada makalah ini.

C.ALAMAT BLOG TUGAS KEWIRAUSAHAAN



Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info
Subscribe me on RSS