15 Istilah Terpopuler Dalam 48 Family

15 Istilah Terpopuler Dalam 48 Family

Para fans 48 Family mestinya udah pada tau istilah-istilah ini. Gak usah semua, paling gak 2 sampai 6 istilah aja yang mesti agan inget. Kalo belum tau, langsung aja cekidot istilah-istilah terpopuler dalam 48 Family di bawah ini! 

Wota


Wota mempunyai makna yang sama dengan otaku. Yaitu sama-sama mempunyai makna penggemar berat. Kalo udah penggemar berat, berkorban apa aja ok aja ya gak gan? Meskipun orang-orang sekitarnya nyebutin agan-agan freak atau nerd. Nah kalo di idol group ya dipanggil wota tuh para penggemar berat. Perlu diketahui juga, bahwa istilah wota tidak eksklusif untuk AKB48, tapi kebanyakan fans idol group juga mendapat sebutan yg sama,contoh Momusu – Mowota dan Johnny’s Ent. – Janiwota. 

Wotagei


Wotagei mempunyai makna sorakan atau gerakan khas fans idol group saat menonton pertunjukan idolanya. Kalo mau tau gerakan-gerakannya cari pake Om Google aja ya. 

Mix


Mix adalah bagian dari Wotage. Mix adalah bentuk sorakan khas yang diteriakkan para fans pada bagian-bagian tertentu lagu ketika menonton pertunjukan idolanya. Namun, Mix bukan cuma milik fans 48 Family aja kok, Mix udah ada di kalangan penggemar idol group di pertengahan tahun 90an. 

Oshimen


Oshimen terdiri dari dua kata, “oshi” dan “men”. Oshi artinya “push/support” dan men adalah singkatan dari “menba” (member dalam bahasa Inggrisnya). Kalo diartiin, oshimen adalah member yang paling agan-agan dukung. Dalam banyak kasus, seorang penggemar bisa saja mempunyai banyak member favorit, tapi pasti ada satu diantara member itu yg paling disukai atau tidak tergantikan, dan inilah yg disebut dengan istilah kami-oshi.

Oshihen


Kondisi dimana agan merubah oshimen agan. Hal ini sering dianggap kurang sopan bagi bekas oshimen agan. 

Senbatsu 


Dalam bahasa Nusantara mempunyai arti pilihan/seleksi. Sebagai grup yg mempunyai member yang gak sedikit, maka wajarlah dibuatkan barisan representatif dari sekian banyak member yang ada. Member-member yang terpilih itulah yang disebut dengan senbatsu. Pemilihan biasanya berdasarkan popularitas di kalangan para penggemar. Menjadi senbatsu banyak untungnya loh. Contohnya member itu mempunyai hak untuk tampil di pertunjukkan utama, bisa ikut nimbrung di media (majalah, TV show, event, dsb) dan pastinya semakin populer. 

Senbatsu Sousenkyo 


Sejak tahun 2009 AKB48 rutin menggelar senbatsu sousenkyo (pemilu senbatsu) sekali setahun dengan tujuan memberikan kesempatan bagi para fans untuk menentukan member senbatsu favorit mereka. Caranya adalah memberi vote dengan mengumpulkan tiket vote yg didapat di single tertentu (biasanya satu single sebelum single sousenkyo). 

Undergirls 


Istilah Undergirls sendiri digunakan untuk para member yang rank popularitasnya dibawah senbatsu. Para member yg termasuk disini adalah mereka yg punya popularity rank nomor 20 kebawah hingga sekitar angka 40. Urutan ini tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlahsenbatsu yg ditentukan untuk sebuah single.

Kami7 


Kami berarti dewa. Istilah ini dicetuskan oleh para fans karena ada beberapa member yg memang ranking popularitasnya tak pernah tergoyahkan selama di AKB48. Ketujuh orang itu adalah Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Tomomi Itano, Watanabe Mayu, Kojima Haruna dan Takahashi Minami. Namun dalam sousenkyo terakhir muncul nama baru yg tiba-tiba menggoyang tatanan tradisional 7 besar tersebut, yaitu Kashiwagi Yuki. Sejak saat itu istilah Kami7 mulai banyak dipelesetkan menjadi Kami8. 

Atau, akankah Sashihara Rino atau Matsui Rena sebentar lagi juga akan masuk dan mengganti Kami menjadi Kami9? Makanya tetep jadi fans yang update ya, hha.

Jikoshoukai


Jikoshoukai adalah self introduction dari masing-masing member. Memang ini bukanlah suatu keharusan, tapi jika seorang member mempunyai jikoshoukai ciri khas mereka masing-masing maka ini akan memberi nilai lebih dimata para fans.

Renai Kinshi 


Love is forbidden. Inilah salah satu golden rule dalam dunia group idol Jepang dan termasuk salah satu yang paling keras ditekankan kepada setiap member. Bahkan hanya sebuah foto dengan seorang pria, apapun status pria tersebut, bisa membuat karir seorang idol tamat seketika akibat kecaman para wota garis keras yang ingin idola mereka tetap menjaga image pure dan innocent. Taati aturan girls, kecuali kalian bisa sembunyi-sembunyi, hha. 

Stage Song 


Lagu yg terdapat dalam stage masing-masing tim. 

Unit Song 


Lagu Stage yang dinyanyikan oleh formasi member tertentu (bukan seluruh tim). Biasanya terdiri dari 1 member popular didampingi oleh 2-4 member lainnya, dan letaknya beruntun 4-5 lagu ditengah setlist Stage. 

Unit Shuffle 


Biasanya hanya dilakukan di konser-konser akbar, dimana Unit song yg identik dengan susunan member tertentu diacak dan dipadu formasinya dgn member lain untuk menjadi kejutan bagi para penonton. 

Kenkyuusei 


Research student atau biasa dipanggil dengan tim cadangan. Peran kenkyuusei adalah untuk menggantikan member tetap yang tidak bisa hadir pada hari pertunjukan teater. Tapi seiring dengan melonjaknya popularitas 48 Family, khusunya AKB48, para kenkyuusei juga tidak bisa dianggap remeh, karena mereka juga mempunyai barisan fans yang tidak sedikit. 

Biasanya ada semacam kecenderungan unik dari para wota senior untuk oshihen (lihat arti istilahnya di atas) kepada mereka, mungkin karena mereka melihat member yg popular sudah tidak perlu lagi didukung, sudah bosan, atau karena melihat para kenkyuusei inilah yg justru paling aktif berada di teater, tempat dimana AKB48 memulai segalanya dari nol, ketimbang senior mereka yg sering berhalangan karena urusan di luar jadwal manggung.

Sumber: _http://anggabc.blogspot.com/2012/08/istilah-istilah-dalam-48-family.html_

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info
Subscribe me on RSS