5 Keunikan Saat Puasa Ramadhan di Indonesia


Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para umat Islam di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan tidak hanya puasa saja yang ditunggu-tunggu tapi banyak kegiatan unik yang dilakukan.
Berikut adalah 5 Keunikan Saat Puasa Ramadhan di Indonesia.

1. Membangunkan Orang Sahur


Kegiatan ini sudah lama menjadi tradisi di indonesia. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat pukul seperti galon, penggorengan, dan lain sebagainya. Kata-kata yang paling umum diucapkan ialah “Sahur… sahur..” dengan nada yang mungkin sudah cukup lekat di telinga kita semua.

2. Kolak Dan Takjil Terpopuler


Makanan yang satu ini merupakan salah satu takjil yang sangat difavoritkan pada saat bulan Ramadhan. Kolak yang merupakan makanan berbahan dasar pisang ini rasanya sangat manis dan tepat untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Kolak dapat dinikmati dengan hidangan pelengkap, seperti pacar cina.

3. Buka Puasa Bersama


Buka puasa bersama atau BukBer yang sudah menjadi kebiasaan bagi umat islam di Indonesia. Buka Bersama juga sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Banyak orang yang mengadakannya di tempat-tempat tertentu seperti di Restoran dll.

4. Makan Buah Kurma


Buah yang disunnah kan oleh nabi ketika buka puasa, Tidak hanya itu buah kurma sendiri hanya terdapat pada saat bulan puasa ini. Jadi, sungguh suatu yang unik dan khas dari bulan Ramadhan yang terdapat di Indonesia ini.

5. Ngabuburit


Inilah salah satu tradisi unik yang sering kita lakukan pada bulan Ramadhan. Ngabuburit yaitu menunggu waktu berbuka dengan melakukan kegiatan yang positif. Ya, pastinya sebelum kita berbuka puasa kita dapat mengerjakan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Ngabuburit ini dapat dikerjakan sendiri ataupun bersama teman, kerabat seperti tadarus Al-Qur’an, jalan-jalan atau membeli takjil untuk buka puasa.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info
Subscribe me on RSS