Berpuasa Bisa Bikin Otak Tambah Cemerlang


Selama sebulan berpuasa otak manusia terus melakukan hal hal baik, menjalankan rutinitas sahur dan beruka puasa, menahan diri dari makan, minum, seks, berkata sembarangan serta menambah amalan amalan ibadah kita. Para Ahli Penelitian menunjukkan bahwa pengaturan dan pembatasan asupan kalori meningkatkan kierja otak manusia. Seperti yang dilansir oleh jembung.ga, Puasa Ramadhan terbukti bermanfaat dan berguna untuk membentuk struktur otak baru dan syaraf melakukan relaksasi baru.
Otak manusia yang tidak berbuasa merekam kegiatan yang dilakukan secara simultan. Begitu juga dengan aktivitas berpuasa, selama 1 bulan tubuh diajak menjalani aktivitas sahur, menahan diri dari makan, dan kemudian berbuka di hari petang serta menjalankan ibadah yang lainnya.
Berpuasa adalah menjalankan perintah agama,sementara itu beragama dan aktivitas spiritual adalah contoh perilaku yang dikontrol oleh otak. Ketua pakah ahli dari Centre For Neuroscience, Health and Spirituality (C-NET) Dokter Taufik Pasiak menjabarkan bahwa puasa adalah aktivitas yang berhubungan dengan aktivitas sifat otak manusia, yaitu neuroplastisitas. “Sel sel otak dapat melakukan regenerasi dan dapat membentuk hubungan struktural yang baru, salah satunya karena latihan mental yang terus menerus”. Kata Dokter Taufik.

Otak Manusia Bertambah Pintar Saat Berpuasa

Kata dokter Taufik, selain otak membentuk struktur baru, Beliau juga menjelaskan bahwa berpuasa merelaksasikan sistem syaraf, terutama Otak kita. Dia juga menambahkan Puasa adalah salah satu bentuk tazkiytun nafs ( menumbuhkan nafsu ) dan tarbiyatun iradah ( mendidik kehendak ) Karena itu, semenjak niat puasa , perilaku selama berpuasa dan ritual-ritualnya berada dalam konteks memperbaiki nafsu, menumbuhkan kemudian mengelola kemauan manusia.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info
Subscribe me on RSS